21 August 2014

Smartfren Andromax G2 Touch QWERTY, Android dengan Keyboard Fisik

Sudah menjadi kewajaran bila smartphone Android menggunakan layar sentuh sebagai media interaksinya. Lalu bagaimana bila smartphone Android memiliki layar sentuh sekaligus keyboard QWERTY fisik? Ini baru di luar kewajaran. Iya, belum lama ini, Smartfren memperkenalkan Andromax G2 Touch QWERTY, smartphone Android dengan layar sentuh dan keyboard fisik. Penasaran dengan spesifikasi Andromax G2 Touch QWERTY? Simak dulu penampakannya berikut ini.

Andromax G2 Touch QWERTY

Bukan hal baru memang, smartphone Android dengan paduan layar sentuh dan keyboard QWERTY fisik ala BlackBerry sebelumnya juga pernah dibesut oleh Samsung melalui seri Galaxy Chat-nya. Meski begitu, Andromax G2 Touch QWERTY merupakan produk smartphone Android pertama dari Smartfren yang mengadaptasi keyboard fisik sebagai daya tarik utamanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa transisi pengguna yang sebelumnya menggunakan ponsel berkeyboard fisik ke layar sentuh tidak selalu berjalan mulus. Ada pengguna yang bisa menyesuaikan diri dengan keyboard virtual yang ditawarkan smartphone Android, ada pula yang merasa tak nyaman dengan hal itu dan lebih memilih kembali menggunakan ponsel dengan keyboard fisik. Nah, memanfaatkan keadaan tersebut, Smartfren mencoba mengakomodasi kebutuhan pengguna ponsel berkeyboard fisik yang ingin mencoba smartphone Android. Selengkapnya, cek review spesifikasi Andromax G2 Touch QWERTY berikut ini.


Review Andromax G2 Touch QWERTY


Layar - Andromax G2 Touch QWERTY memiliki layar sentuh kapasitif berukuran diagonal 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 pixel. Tidak cukup besar memang, tapi tetap proporsional mengingat hadirnya keyboard fisik QWERTY yang juga membutuhkan ruang khusus di bawah layar.

Body - Ukuran body Andromax G2 Touch QWERTY sepintas mirip dengan perangkat BlackBerry, namun terkesan sedikit lebih panjang. Ketebalan bodynya tercatat 10mm, lumayan tebal. Di bawah layar, terpasang tiga tombol fisik kapasitif dengan fungsi menu, home, dan back. Di bawahnya lagi, terdapat keyboard fisik dengan layout QWERTY yang menjadi daya tarik utama smartphone Android ini, cocok untuk Anda yang kurang nyaman menggunakan keyboard virtual.

Audio - Untuk Anda yang gemar mendengarkan musik atau radio FM, tersedia jack 3,5mm standar yang cocok dipasangi berbagai earphone atau headphone yang beredar di pasaran. Di punggung bagian bawah Andromax G2 Touch QWERTY, terdapat loudspeaker sebagai sumber suara utamanya.

Memori - Dengan harga sekitar 1 jutaan, Andromax G2 Touch QWERTY hanya dibekali memori internal 4GB, namun Anda bisa menambahnya hingga 32GB dengan kartu microSD. RAM-nya pun hanya 512MB, kurang cocok untuk Anda yang hobi multitasking.

Konektivitas - Sebagai produk dari Smartfren, Andromax G2 Touch QWERTY merupakan smartphone Android berjaringan CDMA. Untuk mengakses internet, tersedia jaringan EVDO Rev A yang memiliki kecepatan yang setara dengan jaringan 3,5 G. Smartphone ini juga mendukung jaringan GSM dengan akses internet sebatas EDGE. Kedua macam jaringan tersebut (CDMA dan GSM) bersifat dual-on (aktif secara bersamaan).

Kamera - Menyasar segmen low-end, Smartfren rupanya mempersenjatai Andromax G2 Touch QWERTY dengan kamera yang cukup mumpuni. Tengok saja kamera utama berkekuatan 5 megapixel lengkap dengan fitur autofocus dan lampu LED flash. Kamera tersebut diklaim mampu merekam video hingga resolusi 720p. Di atas layar, terdapat kamera depan 1,3 megapixel yang berguna untuk video chat serta selfie.

Software - Saat diperkenalkan ke publik, Andromax G2 Touch QWERTY masih mengusung Android 4.3 Jelly Bean. Rencananya, saat dirilis pada akhir Agustus 2014 nanti, smartphone Android buatan Haier tersebut akan mendapatkan update Android 4.4 KitKat.

Hardware - Untuk menunjang kinerjanya, Andromax G2 Touch QWERTY dibekali dengan prosesor Cortex A7 Dual Core 1.2GHz dari Snapdragon, yang dipadu dengan GPU Adreno 302. Paduan keduanya bisa dikatakan cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi dan game standar Android.

Baterai - Sebagai sumber tenaga, terpasang baterai 1700mAh di punggung Andromax G2 Touch QWERTY. Baterai tersebut bersifat removable/bisa dilepas pasang, sehingga memudahkan Anda untuk menggantinya bila terjadi kerusakan. Daya tahan baterai Andromax G2 Touch QWERTY terbilang lumayan untuk pemakain normal sehari-hari.


Kelebihan & Kelemahan Andromax G2 Touch QWERTY


Berdasarkan review spesifikasi di atas, maka bisa disimpulkan beberapa kelebihan dan kelemahan smartphone Smartfren Andromax G2 Touch QWERTY. Secara garis besar, Andromax G2 Touch QWERTY memiliki spesifiksi yang lumayan seimbang dengan harga yang ditawarkan. Apalagi dengan hadirnya keyboard fisik yang memudahkan pengetikan. Walau hanya dipasangi RAM sebesar 512MB, peforma ponsel besutan Haier dan Smartfren ini memiliki performa yang cukup baik untuk pemakaian normal (bukan untuk gaming).


KELEBIHAN

  • Keyboard fisik dengan layout QWERTY
  • Kamera utama 5 megapixel dengan lampu LED flash
  • Prosesor Dual Core
  • Harga relatif terjangkau

KEKURANGAN

  • RAM 512MB


Selengkapnya, simak tabel spesifikasi Smartfren Andromax G2 Touch QWERTY di bawah ini.


Tampilkan Tabel Spesifikasi Andromax G2 Touch QWERTY

Spesifikasi Andromax G2 Touch QWERTY

UMUMTipeSmartphone
StatusDirilis Agustus 2014
LAYARJenisLCD, layar sentuh kapasitif multi sentuh
Ukuran320 x 480 pixel, 3,5 inci
BODYUkuran/Berat133 x 65 x 10 mm / -
EkstraKeyboard fisik QWERTY
AUDIOFiturVibration; MP3 ringtone, WAV
3.5 mm jackYa
LoudspeakerYa
MEMORIInternal4 GB
EksternalmicroSD, maksimal 32 GB
RAM512 MB
DATA
JaringanCDMA 2000-1X EVDO Rev A
GSM
SIMDual SIM
EDGEYa
GPRS-
EVDORev.A 3.1 Mbps
WiFiWi-Fi hotspot
BluetoothYa, v4.0, A2DP
USB/PortmicroUSB v2.0
NFC-
KAMERADepan1,3 MP
Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixel, autofocus, LED flash
Video Record720p
SOFTWAREOSAndroid 4.3 Jelly Bean, direncanakan untuk update ke Android 4.4 KitKat
BrowserHTML5
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
JavaJava MIDP emulator
HARDWARESensorAccelerometer, proximity, compass
ChipsetQualcomm Snapdragon
CPUDual-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPUAdreno 302
GPSA-GPS, GLONASS
RadioRadio FM
FITUR LAINPilihan warnaHitam, putih dan merah
Lain-lain- MP4/H.263/H.264 player
- MP3/eAAC+/WAV player
- Document viewer
- Photo viewer/editor
- Voice memo/dial
- Predictive text input
BATERAITipeLi-ion 1700 mAh

Smartfren Andromax G2 Touch QWERTY akan dirilis akhir bulan Agustus 2014. Sejalan dengan spesifikasinya yang biasa saja, harga yang ditawarkan Smartfren terbilang relatif murah.

Harga Andromax G2 Touch QWERTY

Harga Andromax G2 Touch QWERTY berikut ini merupakan harga resmi yang berlaku di Indonesia ().
Harga baru Andromax G2 Touch QWERTYRp. 999.000,-
Harga bekas belum tersedia

No comments:

Post a Comment

Punya info mengenai harga gadget ini di daerah Anda? Silakan bagikan di sini. Terima kasih.