26 August 2014

Acer Liquid X1, Smartphone Android KitKat dengan Prosesor Octa-core

Berbicara tentang prosesor Octa-core (delapan inti), biasanya identik dengan smartphone Android berspesifikasi premium dengan harga yang relatif mahal. Hal itu ternyata tak berlaku pada smartphone Android Octa-core terbaru rilisan pabrikan asal Taiwan, Acer Liquid X1, yang ditawarkan dengan harga 3 jutaan saja.

Acer Liquid X1


Menilik spesifikasi ukurannya yang mendekati 6 inci, Acer Liquid X1 pantas untuk disebut sebagai phablet, cukup merepotkan bila diletakkan dalam saku celana jin. Menghadapi era 4G, Acer telah melengkapi Liquid X1 dengan akses jaringan LTE dengan kecepatan akses internet yang mumpuni (hingga 150Mbps). Selengkapnya, simak review spesifikasi Acer Liquid X1 berikut ini.


Review Spesifikasi Acer Liquid X1


Layar - Layar berteknologi IPS yang terpasang pada Acer Liquid X1 berukuran diagonal 5,7 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Paduan ukuran fisik dan resolusi layar tersebut menghasilkan kepadatan sekitar ~258 ppi. Ukuran layar yang mendekati layar tablet tersebut menjadikan Acer Liquid X1 nyaman digunakan sebagai sarana hiburan seperti melihat foto, menonton film, atau bermain game.

Body - Berketebalan 8.5mm, Acer Liquid X1 bukanlah smartphone Android yang bisa dikatakan tipis. Menyesuaikan dengan ukuran layar, body Acer Liquid X1 termasuk bongsor (berbobot 164gram). Terbuat dari plastik berkualitas dan finishing yang baik, serta secara tampilan, Acer Liquid X1 memang sedap dipandang. Bagian penutup baterai yang bertekstur layak bahan kulit, membuatnya tidak mudah slip saat digenggam.

Tepat di bawah lensa kamera utama, terdapat tombol ekstra yang disebut Acer Rapid. Tombol tersebut memiliki bermacam fungsi yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Bila Anda suka selfie, Anda bisa mengatur tombol Acer Rapid sebagai pintasan untuk membuka kamera sekaligus untuk mengambil foto. Untuk keperluan multitasking, Anda bisa mengeset tombol tersebut untuk meluncurkan aplikasi favorit Anda walau sedang menggunakan aplikasi lain.

Audio - Urusan suara, Acer Liquid X1 mampu menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas berkat adanya fitur DTS sound enhancement. Tak hanya keluaran suara dari earphone saja, suara dari loudspeaker pun terasa lebih jelas dan padat dengan adanya fitur tersebut.

Memori - Mengusung memori internal seluas 16GB, Acer Liquid X1 masih dilengkapi dengan slot memori eksternal yang sanggup menampung kartu microSD hingga 32GB. Sebagai penunjang aktivitas mutitasking, tersedia RAM berkapasitas 2GB, cukup besar untuk melengkapi spesifikasi smartphone Android mid-range tersebut.

Konektivitas - Seperti yang telah disinggung di atas, Acer Liquid X1 sudah memiliki akses ke jaringan LTE, sehingga Anda bisa berselancar internet dengan kecepatan mencapai 150Mbps (tergantung operator dan ketersediaan jaringan di tempat Anda). Koneksi data standar juga hadir di Liquid X1, seperti EDGE, GPRS, dan HSDPA. Bagi Anda yang ingin menggunakan lebih dari satu kartu SIM, tersedia slot SIM tambahan pada Acer Liquid X1 yang bisa digunakan secara bersamaan dengan kartu SIM utama.

Kamera - Berbekal kamera 13 megapixel (lengkap dengan LED flash) yang sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 4160 x 3120 pixel, hobi fotografi Anda bisa disalurkan dengan Acer Liquid X1. Mengakomodasi urusan video chat, Acer Liquid X1 menyediakan kamera depan 2 megapixel, yang juga bisa Anda manfaatkan untuk foto selfie.

Software - Acer Liquid X1 berjalan dengan Android 4.4.2 KitKat. Seiring mulai terkuaknya versi terbaru dari sistem operasi Android, kemungkinan Liquid X1 akan mendapatkan update Android KitKat secara resmi dari Acer.

Hardware - Untuk menekan biaya produksi dan harga jual, Acer menanamkan chipset Mediatek MT6592 pada Liquid X1. Pada chipset yang dikenal hemat biaya tersebut, terpasang prosesor Octa-core 1.7 GHz Cortex-A7, prosesor buas yang bisa diandalkan untuk kegiatan multitasking. Sebagai pengelola grafis, tersemat GPU Mali-450MP4, GPU yang biasa ditemui pada perangkat Android kelas menengah.

Baterai - Sumber tenaga utama Acer Liquid X1 diserahkan pada baterai Li-on berkapasitas 2700mAh.


Kelebihan & Kelemahan Acer Liquid X1


Acer Liquid X1 memang bukan smartphone Android premium, namun mengadaptasi spesifikasi yang biasanya ada pada smartphone Android premium. Lihat saja prosesornya yang sudah memiliki 8 inti (Octa-core). Kamera utama 13megapixel juga bisa dikatakan premium. Meski begitu, terdapat beberapa kelemahan pada Acer Liquid X1 yang membuatnya lebih pantas menyandang gelar smarphone Android kelas menengah.


KELEBIHAN

  • Jaringan 4G (LTE)
  • Prosesor Octa-Core
  • Tombol serbaguna Acer Rapid
  • Harga relatif murah

KEKURANGAN

  • Racikan spesifikasi yang terkesan nanggung


Selengkapnya, simak tabel spesifikasi Acer Liquid X1 di bawah ini.


Tampilkan Tabel Spesifikasi Acer Liquid X1

Spesifikasi Acer Liquid X1

UMUMTipeSmartphone
StatusDirilis Agustus 2014
LAYARJenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif multi sentuh, 16 juta warna
Ukuran720 x 1280 pixel, 5,7 inci (~258 ppi pixel density)
BODYUkuran/BeratKetebalan 8.5mm / 164 gram
AUDIOFiturVibration; MP3 ringtone, WAV - DTS
3.5 mm jackYa
LoudspeakerYa
MEMORIInternal16 GB
EksternalmicroSD, maksimal 32 GB
RAM2 GB
DATA
JaringanGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 2100
LTE
SIMDual SIM
EDGEYa
GPRSYa
HSDPA/LTEHSDPA 42 Mbps, HSUPA; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
WiFiWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
BluetoothYa, v4.0, A2DP
USB/PortmicroUSB v2.0
NFC-
KAMERADepan2 MP
Belakang13 MP, 4160 x 3120 pixels, autofocus, LED flash
Video Record1080p
SOFTWAREOSAndroid 4.4.2 KitKat
BrowserHTML5
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
JavaJava MIDP emulator
HARDWARESensorAccelerometer, proximity, compass
ChipsetMediatek MT6592
CPUOcta-core 1.7 GHz Cortex-A7
GPUMali-450MP4
GPSA-GPS
RadioRadio FM
FITUR LAINPilihan warnaHitam, Merah
Lain-lain- Active noise cancellation
- SNS integration
- MP3/WAV/AAC player
- MP4/H.264/H.263 player
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer/editor
- Voice memo/dial
- Predictive text input
- Acer Rapid
BATERAITipeLi-ion 2700 mAh

Penggunaan chipset dari Mediatek menyebabkan harga Acer Liquid X1 menjadi relatif terjangkau. Tak bisa dipungkiri bahwa Mediatek merupakan produsen perangkat keras yang menjual produknya dengan harga murah, tapi dengan kualitas dan performa yang tidak mengecewakan. Oleh karena itu, banyak vendor yang menggunakan komponen buatan Mediatek untuk merakit smartphone yang memiliki harga jual rendah, termasuk Acer dengan Liquid X1-nya.


Harga Acer Liquid X1

Harga Acer Liquid X1 berikut ini merupakan harga resmi yang berlaku secara global ().
Harga baru Acer Liquid X1Rp. 3.100.000,- ($265)
Harga bekas belum tersedia

No comments:

Post a Comment

Punya info mengenai harga gadget ini di daerah Anda? Silakan bagikan di sini. Terima kasih.